Hiking Gunung Bromo

Melakukan pendakian ke Gunung Bromo harus direncanakan dengan matang. Tidak hanya tentang mengenal medan atau persiapan fisik dan mental saja yang harus kamu perhatikan melainkan yang lainnya juga sehingga hiking gunung Bromo akan semakin seru dan berkesan. Jika sesuai rencana, pastinya perjalanan atau pendakian ke puncak Gunung Bromo akan semakin seru. Bahkan, kamu tidak akan mudah untuk melupakannya.

Tips Perjalanan Hiking Gunung Bromo

Ada beberapa tips untuk lakukan perjalanan pendakian ke Gunung Bromo agar perjalanan kali ini semakin berkesan. Baik kamu adalah hikers pemula atau pendaki yang sudah berpengalaman, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa tips berikut ini untuk memudahkan dan membuat perjalanan pendakian kali ini terasa istimewa.

Hiking Gunung Bromo

Daki Bromo Setelah Daki Semeru

Biasanya, para hikers yang sudah berpengalaman akan melakukan hiking gunung Bromo setelah mendaki Gunung Semeru. Ada juga yang menawarkan paket wisata pendakian ke Gunung Semeru dan Gunung Bromo sekaligus. Alasan kenapa ke Semeru terlebih dahulu adalah karena Semeru lokasinya dekat, lebih tinggi dan jalur pendakian juga lebih menantang jika dibandingkan dengan Gunung Bromo yang status sebenarnya adalah gunung wisata bukan gunung pendakian. Cobalah tips ini dan rasakan sensasinya.

Datang di Musim Kemarau

Ada alasan khusus kenapa kamu harus datang di musim kemarau. Perjalanan pendakian tentu tidak akan seru ketika turun hujan. Selain itu, daya tarik utama di Gunung Bromo selain kawah aktif Bromo adalah golden sunrise. Saat musim kemarau, golden sunrise terlihat lebih besar, lebih bulat dan lebih indah. Hiking gunung Bromo yang tepat biasanya ada di bulan Mei hingga Oktober. Ketika tidak sedang mendung, saat kaum camp juga akan melihat pemandangan luar biasa di malam hari.

Tentukan Jalur Pendakian

Ada beberapa jalur pendakian yang bisa ditelusuri untuk bisa mendakaki Gunung Bromo. Jika kamu bermaksud menghindari petugas atau tidak ingin melewati pintu gerbang utama, masih ada jalur pendakian lain seperti dari arah Ranu Pane atau Cemoro Lawang. Jalur pendakian ini nantinya akan dilewati saat malam hari. Jika lewat Ranu Pane sebaiknya naik Jeep agar tidak diserang oleh anjing liar yang kabarnya masih ada di sana sedangkan jika lewat Cemoro Lawang, harus tetap hati-hati.

Bawa Logistik dan Pakaian Secukupnya

Sebenarnya, hal ini tergantung dari mana kamu akan memulai hiking gunung Bromo. Jika dari Cemoro Lawang, tidak membutuhkan bekal terlalu banyak begitu juga ketika dari Ranu Pane. Bahkan, dari Ranu Panu kamu bisa langsung membawa perlengkapan dan peralatan hiking yang sebelumnya kamu pakai saat mendaki Gunung Semeru. Namun, jika kamu memilih paket wisata pendakian gunung Bromo dan hanya satu hari saja maka tidak perlu bawa peralatan dan perlengkapan tertentu.

Bawa Jaket, Sarung Tangan, Masker Dan Kacamata

Dengan ketinggian mencapai 2.392 mdpl, Gunung Bromo memiliki hawa yang sangat dingin apalagi ketika malam tiba. Selain itu, angin bisa saja bertiup kencang hingga menerbangkan butiran pasir lembut. Sehingga jaket, sarung tangan, masker dan kacamata menjadi perlengkapan wajib ketika melakukan hiking gunung Bromo baik ala traveler satu hari atau ala backpacker dan hiker. Perlengkapan seperti ini sangat penting walaupun pendakian di Bromo sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Daki Bromo Bersama Rombongan

Tidak ada yang lebih menarik selain mendaki Gunung Bromo bersama dengan rombongan baik yang sebelumnya sudah dikenal maupun belum. Bersama dengan sesama pecinta hiking tidak hanya akan menambahkan semangat untuk terus mendaki melainkan juga bisa berbagi pengalaman hingga memutuskan untuk mendaki gunung yang mana lagi usai Bromo. Banyak hal seru bisa didapatkan ketika berombongan termasuk kamu tidak akan merasa mudah lelah.

Camp Di Penanjakan II, Nikmati Golden Sunrise dan Kawah Bromo

Camp di malam hari di Penanjakan II dilanjutkan dengan menyaksikan golden sunrise dan kemudian menaiki lebih dari 200 anak tangga hingga sampai ke puncak dan kawah Bromo, menjadi rentetan aktivitas seru dan disukai para hikers. Jika kamu memiliki paket wisata hiking gunung Bromo kamu masih bisa menikmati kegiatan tersebut di atas karena Penanjakan II akan sangat ramai di pagi hari menjelang sunrise.

Related Post

Call Now
WhatsApp